RANGKUMAN MATERI TIK KELAS 7 – 9 SMP
A. MATERI KELAS 7
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek,
yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan
dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan
informasi
Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan
penggunaan alat bantuuntuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang
satu ke lainnya.
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu
padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala
kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan
transfer/pemindahan informasi antar media
Contoh teknologi informasi :
-
Computer
Contoh teknologi komunikasi :
-
Surat kabar
-
Radio
-
Telepon
-
Televise
Alat
pengolah data dari sejak zaman purba sampai saat ini digolongkan ke dalam 4
golongan besar :
Peralatan Manual
→ Peralatan pengolah data yang
sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan
tenaga tangan manusia
Peralatan Mekanik
→ Peralatan yang sudah berbentuk
mekanik yang digerakkan dengan tangan secara menual
Peralatan Mekanik Elektronik
→ Peralatan mekanik yang digerakkan secara
otomatis oleh motor elektronik
Peralatan Elektronik
→ Peralatan yang bekerjanya secara
elektronik penuh
Beberapa
peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer :
1. Abacus
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih
digunakan di beberpa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula
mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan
menggunakan biji – bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang pada
masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring
dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan
popularitasnya.
2. Kakulator Roda
Numeric
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu
berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik
(numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan
pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan
roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini
merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah
hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
3. Kalkulator
Roda Numeric 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred
Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang
dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang
dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun
1820, kalkulator mekanik mulai populer.
4. Kalkulator
Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat
melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer,
mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat
tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia
I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era
komputasi mekanik.
Perkembangan komputer berdasarkan genersi :
1) Komputer
generasi pertama ( 1940 – 1959 )
Ciri :
Menggunakan tabung hampa pd sirkuitnya
Program hanya dibuat dengan bahasa mesin
Ukuran fisik sangat besar dan memerlukan tempat luas
Capat panas, perlu mesin pendingin
Proses lambat
Kapasitas sedikit
Butuh data listrik besar
Aplikasi terbatas
Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II, IBM Selective Electronic
Calculator, EDSAC, Hardvard Mark III, ACE, SEC, UNIVAC
2) Komputer
generasi kedua ( 1959 – 1964 )
Ciri:
Menggunakan trasnsistor pada sirkuitnya
Ukuran fisik lebih kecil
Menggukana program bahasa tingkat tinggi :
FORTRON, COBOL, ALGOL
Kapasitsa memori cukup besar
Menggukana simpanan luar magnetic disMempunyai
kemampuan realtime dan time sharing
Proses operasi lebih cepat
Membutuhkan daya lebih kecil
Aplikasi lebih luas
Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107,
Burroghts 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400
3) Komputer
generasi ketiga ( 1964 – awal 80-an )
Ciri :
Menggunakan IC ( Integrated Circuit)
Peningkatan software
Proses pengolahan data lebih cepat dan akurat
Mempunyai kapasitas memory lebih besar
Menggunakan penyimpan luar
Daya listrik lebih hemat
Menggunakan multi processing
Menggunakan visual display terminal, mampu
menampilkan gambar dan grafik
Harga murah
Dapat berkomunikasi antar komputer
Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600.
GE 235, CDC 3000, CDC 6000
4) Komputer
generasi keempat ( awal 80-an – sekarang )
Ciri :
Berukuran lebih kecil
Harga relative murah
Mecul PC (personal computer)
Terdapat aplikasi yang semakin lengkap
Menggunakan VLSIC (Very Large Scale Integrated
Circuit)
Menggunakan chip yang bernama microprocessor
Contoh : mikro altari MITS, Cray-I, Apple II, Radio Shack,
Commodore, Desktop computer Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT, Machintosh, IBM PS/2,
IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, AMD KD 36
5) Komputer
generasi kelima ( computer masa depan )
Dalam pengembangan oleh Negara Jepang
Mengunakan VLSI (Very Large Scale Interation)
PEMANFAATAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Contoh
penerapan dibidang :
Perusahaan
: ERP (Enterprise Resource Planning)
Bisnis :
E-Commerce
Perbankan :
E-Banking
Pendidikan
: E-Learning
Kesehatan :
Smart Card
DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI
Cybercrime : kejahantan atau tindakana yang melawan hokum yang
dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana computer
Aktivitas kejahatan dalam jaringan internet :
Hacking : usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud
mengekploitasi stau mencari kelemahan system jaringan
Cracking : usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan
maksud mencari, mengubah atau menghacurkan file atau data yang disimpan dalam
computer pada suatu jaringan
MENGAKTIFKAN
DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur
yang benar menghidupkan computer
1. Menyalakan
stabilizer
2. Menyalakan
power pada Chassing / CPU
3. Menyalakan
power pada monitor
4. Menunggu
computer loading system operasi (missal Windows)
5. Tunggu
beberapa saat sampai keluar tampilan desktop di monitor
Prosedur
yang benar mematikan computer
1. Klik
tombol start
2. Pilih
shut down atau turn off
3. Klik
OK
4. Tunggu
beberapa saat sampai computer mati
5. Matikan
tombol off pada monitor dan stabilizer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat
keras dibangi menjadi
1. Perangkat
masukan (input device)
a. Keyboard
b. Mouse
c. Joystick
d. Scanner
e. Digital
camera
f. Microphone
g. Webcam
2. Perangkat
proses (process device)
a. Motherboard
/ Mainboard
b. CPU /
Microprocessor : ALU: aritmetic logical unit, CU:control unit, MU:memory unit
3. Perangkat
simpan (storage device)
a. Primary
storage : ROM, RAM
b. Secondary
storage : harddisk, disket, UFD, CD/DVD
4. Perangkat
keluaran (output device)
a. Monitor
b. Printer
5. Perangkat
tambahan (peripheral) : TV turner, card reader, modem
PERANGKAT
LUNAK
Penggolongan perangkat lunak
1. Sistem
Operasi
a. Basis teks
(CLI: Command Line Interface) : MS-DOS, UNIX
b. Basis
grafis (GUI:Graphic Unit Interface) : Microsoft Windows, macintosh, Linux
2. Program
Utility
a. File Viewer
: ACDSee, Adobe Reader
b. Sytem
Utulity : program Scandisk, hardware monitor, file compression, security
program (antivirus, anti spyware, firewall, password generator)
3. Bahasa
Pemprograman : FORTRAN, COBOL. PASCAL, BASIC, C++, dsb…
4. Program Aplikasi
a. Program
pengolah kata
b. Program
pengolah angka
c. Program
presentasi
d. Program
multimedia
B. MATERI KELAS 8
I.
PROGRAM PENGOLAH KATA
Bagian
penting Microsoft Word 2003
1. Menu
control
2. Title
bar
3. Menu
bar
4. Toolbar
5. Scroll
bar
6. Ruler
7. Kursor
8. Taskpane
Menu bar
Word 2003 terdiri dari 9 : file, edit, view, insert, format, tools, table,
window, help
Menu bar
Word 2007 terdiri dari 7 : home, insert, page layout, reference, mailings,
review, view
3 Toolbar
utama di Word 2003: toolbar standart, formatting, drawing
Ikon :
lambing atau gambar yang mewakili seautu intruksi / perintah
Mengelola
dokumen :
1. Membuka
dokumen baru : file –new
2. Menyimpan
dokumen : file – save as
3. Membuka
dokumen : file – open
4. Menutup
dokumen : file – close
Mengedit
dokumen
i.
Tipe dan ukuran huruf : font , font size
ii.
Attribute teks : bold, italic, underline
iii.
Perataan teks : align left, center, align right,
justify
iv.
Menghapus teks : delete
v.
Membatalkan perintah : undo, redo
vi.
Mengulang perintah : repeat
vii.
Menyalin teks : copy, paste
viii.
Menindah teks : cut, paste
ix.
Pengaturan halaman : file – page setup
x.
Pengaturan jarak spasi : format – paragraph
Menu Microsoft Word:
a. Bullet and
numbering
b. Border and
shading
c. Clip art
d. Wordart
e. Columns
f. Symbol
g. Dropcap
h. Header and
footer
i. Page number
j. Table
k. Chart
Pengaturan
indentasi : fist line indent, hanging paragraph, left tab, center tab, right
tab, decimal tab
Mencetak dokumen
a. Print
preview
b. Cetak
dokumen
II.
PROGRAM PENGOLAH ANGKA
Tampilan Microsoft
Excel
a. Workbook
(buku kerja) : file atau dolumen yang terdiri atas lembaran-lembaran (sheet)
b. Worksheet
(lembar kerja) : sekumpulan range
c. Column :
deretan kolom dinotasikan A sd IV (256 kolom)
d. Rows :
deretan baris dinotasikan 1 sd 65.536 (65.536 baris)
e. Cell :
pertemuan baris dan kolom
f. Range :
sekumpulan sel
g. Active cell
: bagian yang ditunjukan oleh sel pointer
Menu bar
Excel 2003 terdiri dari 9 : file, edit, view, insert, format, tools, data,
window, help
Menu bar
Excel 2007 terdiri dari 7 : home, insert, page layout, formulas, data, review,
view
Bagian
penting Microsoft Excel 2003
a. Baris judul
b. Baris menu
c. Tombol
ukuran
d. Toolbar
e. Alamat sel
f. Baris
formula
g. Judul kolom
h. Judul baris
i. Sel
j. Tabulasi
sheet
k. Penggulung
vertical dan horizontal
l. Task pane
Rumus yang digunakan dalam Excel
-
SUM : menjumlah data pada suatu range
-
AVERAGE : menghitung rata-rata pada suatu range
-
MAX : mencari nilai tertinggi pada suatu range
-
MIN : mencari nilai terendah pada suatu range
-
COUNT : menghitung banyaknya data pada suatu range
C. MATERI KELAS 9
INTERNET & INTRANET
Internet berasal dari bahasa latin “inter” arti antara, dan “net” arti jaring, jadi secara bahasa internet adalah jaringan antara atau penghubung
Secara istilah internet : jaaringan computer yang luas dan besar yang mendunia dan menghubungkan pengguna computer dari suatu negara dengan negara lain di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat sumber daya informasi
Internet berasal dari bahasa latin “inter” arti antara, dan “net” arti jaring, jadi secara bahasa internet adalah jaringan antara atau penghubung
Secara istilah internet : jaaringan computer yang luas dan besar yang mendunia dan menghubungkan pengguna computer dari suatu negara dengan negara lain di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat sumber daya informasi
Sejarah lahirnya internet
1. Tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika “US Defence Advance Research Projects Agency (DARPA) mengadakan riset tentang bagaimana cara emnghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organic, program riset ini dinamai ARPANET
1. Tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika “US Defence Advance Research Projects Agency (DARPA) mengadakan riset tentang bagaimana cara emnghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organic, program riset ini dinamai ARPANET
2. Empat tempat yang pertama kali terhubung jaringan ARPANET :
a. University of Utah
b. University California of Los Angles (UCLA)
c. University California of Santa Barbara (UCSB)
d. Stanford University
Intranet : sebuah jaringan computer local yang berbasis TCP/IP yang biasa digunakan pada perusahaan atau kantor
a. University of Utah
b. University California of Los Angles (UCLA)
c. University California of Santa Barbara (UCSB)
d. Stanford University
Intranet : sebuah jaringan computer local yang berbasis TCP/IP yang biasa digunakan pada perusahaan atau kantor
Fasilitas / layanan yang tersedia di internet :
1. www (World Wide Web)
2. E-mail (Electronic Mail)
3. IRC (Internet Relay Chat)
4. Telnet
5. Mailling List
6. Newsgroup
7. Gopher
8. FTP (File Transfer Protocol)
9. HTTP (Hyper Text Trasfer Protocol)
1. www (World Wide Web)
2. E-mail (Electronic Mail)
3. IRC (Internet Relay Chat)
4. Telnet
5. Mailling List
6. Newsgroup
7. Gopher
8. FTP (File Transfer Protocol)
9. HTTP (Hyper Text Trasfer Protocol)
Situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site,
site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya
merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World
Wide Web (WWW) di Internet
Unsur Website
1. Domain Name
2. Hosting
3. Scripts
4. Design Web
5. Publication
Domain Name : alamat permanen situs di internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs
Istilah lain Domain Name : URL (Uniform Resource Locator)
1. Domain Name
2. Hosting
3. Scripts
4. Design Web
5. Publication
Domain Name : alamat permanen situs di internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs
Istilah lain Domain Name : URL (Uniform Resource Locator)
Macam Domain Name
1. Generic Domains : domain name yang berakhiran com, net, org, edu, mil, atau gov (top level domain) yang tidak berafiliasi berdasarkan negara
Contoh :
.com : perusahaan komersial
.edu : badan pendidikan (universitas, institute)
.gov : lembaga pemerintah non militer
.mil : militer
.net : jaringan
.org : organisasi
.int : organisasi internasional
.ac : badan pendidikan (universitas)
1. Generic Domains : domain name yang berakhiran com, net, org, edu, mil, atau gov (top level domain) yang tidak berafiliasi berdasarkan negara
Contoh :
.com : perusahaan komersial
.edu : badan pendidikan (universitas, institute)
.gov : lembaga pemerintah non militer
.mil : militer
.net : jaringan
.org : organisasi
.int : organisasi internasional
.ac : badan pendidikan (universitas)
2. Country Spesific Domains : domain yang berkaitan dengan dua
huruf ekstensi (second level domain)
.id (Indonesia), .au (Australia) .jp (Jepang), .in (India), .uk (Inggris), .it (Italia), dsb…
Jika digabung :
.co.id : badan usaha di Indonesia
.ac.id : lembaga pendidikan di Indonesia
.go.id : lembaga pemerintahan Republik Indonesia
.or.id : lembaga / organisasi di Indonesia
.sch.id : lembaga pendidikan (SD, SMP, SMA) di Indonesia
.id (Indonesia), .au (Australia) .jp (Jepang), .in (India), .uk (Inggris), .it (Italia), dsb…
Jika digabung :
.co.id : badan usaha di Indonesia
.ac.id : lembaga pendidikan di Indonesia
.go.id : lembaga pemerintahan Republik Indonesia
.or.id : lembaga / organisasi di Indonesia
.sch.id : lembaga pendidikan (SD, SMP, SMA) di Indonesia
JARINGAN INTERNET & AKSES INTERNET
Jaringan computer : himpunan sejumlah computer otonom yang saling terhubung satu sama lain
Manfaat jaringan computer :
1. Manajemen sumber daya lebih efisien
2. Mempertahankan informasi tetap andal dan up to date
3. Mempercepat proses berbagi data
4. Komunikasi lebih efisien
5. Pelayanan klien lebih efektif
Jaringan computer : himpunan sejumlah computer otonom yang saling terhubung satu sama lain
Manfaat jaringan computer :
1. Manajemen sumber daya lebih efisien
2. Mempertahankan informasi tetap andal dan up to date
3. Mempercepat proses berbagi data
4. Komunikasi lebih efisien
5. Pelayanan klien lebih efektif
Jenis jaringan computer
1. LAN / Local Area Network : jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer
2. MAN / Metropolitan Area Network : versi LAN yang berukuran lebih besar dan menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau berada di sbuah kota
3. WAN / Wide Area Network : jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, mencakup sebuah negara bahkan benua
4. Internet : kumpulan jaringan yang saling terkoneksi satu sama lain, yang menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda
1. LAN / Local Area Network : jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer
2. MAN / Metropolitan Area Network : versi LAN yang berukuran lebih besar dan menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau berada di sbuah kota
3. WAN / Wide Area Network : jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, mencakup sebuah negara bahkan benua
4. Internet : kumpulan jaringan yang saling terkoneksi satu sama lain, yang menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda
Backbone : jaringan koneksi antar computer yang menjangkau dunia
yang menyediakan layanan penuh untuk Internet Service Provider (ISP)
Bandwidth : jumlah data yang dapat ditransfer melalui jaringan dalam jangka waktu tertentu, yang menggunakan satuan Mbps (Mega byte per second)
Bandwidth : jumlah data yang dapat ditransfer melalui jaringan dalam jangka waktu tertentu, yang menggunakan satuan Mbps (Mega byte per second)
Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet :
1. Kecepatan Komputer pelanggan
2. Kepadatan lalu lintas internet sepanjang rute yang dilalui
3. Besar bandwidth yang disewa ISP ke Backbone Internet
4. Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan
5. Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan meminta/mengakses
1. Kecepatan Komputer pelanggan
2. Kepadatan lalu lintas internet sepanjang rute yang dilalui
3. Besar bandwidth yang disewa ISP ke Backbone Internet
4. Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan
5. Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan meminta/mengakses
PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER
Perangkat keras jaringan Komputer
1. Server
2. Clinet
3. Network Interface Card (NIC) / kartu jaringan / LAN Card
4. Switch Hub / konsentrator
5. Network Cable /kabel jaringan
6. Connector
7. PCMCIA Network Interface Card
8. Modem
9. Repeater
10. Bridge
11. Router
12. Crimping Tools
Perangkat keras jaringan Komputer
1. Server
2. Clinet
3. Network Interface Card (NIC) / kartu jaringan / LAN Card
4. Switch Hub / konsentrator
5. Network Cable /kabel jaringan
6. Connector
7. PCMCIA Network Interface Card
8. Modem
9. Repeater
10. Bridge
11. Router
12. Crimping Tools
Server : computer yang bertugas sebagai eplayan bagi computer
atau perengkat yang terhubung pada sebuah jaringan, bertugas untuk membagi
koneksi ke semua perangkat yang terhubung dalam jaringan
Client : computer yang menerima pelayanan dari server, yang dapat melakukan pengolahan data yang diambil dari server
Network Interface Card (NIC) : perangkat yang berfungsi menghubungkan PC dengan jaringan, yang dipasang pada motherboard server maupun client
Switch Hub : perangkat yang berfungsi menghubungkan computer dengan jaringan, yang berfungsi mengubah sinyal data dan menguatkan sinyal dari LAN Card
Network Cable : media transmisi yang mengubungkan computer dengan jaringan, yang memancarkan gelombang elektromagnetik
Connector : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan kabel jaringan dengan komputer
PCMCIA Network Interface Card : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan computer dengan jaringan tanpa menggunakan kabel (wireless)
Modem / modulator de modulator : peralatan yang mengubah data dalam bentuk digital ke analog, dan sebaliknya
Repeater : perangkat yang berfungsi memperkuat sinyal pada jaringan
Bridge : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan lain
Router : perangkat yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain
Crimping Tools : peralatan yang berguna untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi kabel jaringan
Client : computer yang menerima pelayanan dari server, yang dapat melakukan pengolahan data yang diambil dari server
Network Interface Card (NIC) : perangkat yang berfungsi menghubungkan PC dengan jaringan, yang dipasang pada motherboard server maupun client
Switch Hub : perangkat yang berfungsi menghubungkan computer dengan jaringan, yang berfungsi mengubah sinyal data dan menguatkan sinyal dari LAN Card
Network Cable : media transmisi yang mengubungkan computer dengan jaringan, yang memancarkan gelombang elektromagnetik
Connector : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan kabel jaringan dengan komputer
PCMCIA Network Interface Card : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan computer dengan jaringan tanpa menggunakan kabel (wireless)
Modem / modulator de modulator : peralatan yang mengubah data dalam bentuk digital ke analog, dan sebaliknya
Repeater : perangkat yang berfungsi memperkuat sinyal pada jaringan
Bridge : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan lain
Router : perangkat yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain
Crimping Tools : peralatan yang berguna untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi kabel jaringan
Jenis Network Cable
1. Coaxial
2. Unshielded Twisted Pair (UTP)
3. Shielded Twisted Pair (STP)
4. Serat Optik (Fiber Optic)
1. Coaxial
2. Unshielded Twisted Pair (UTP)
3. Shielded Twisted Pair (STP)
4. Serat Optik (Fiber Optic)
Jenis Connector
1. RJ 11, RJ 45 (UTP & STP)
2. BNC, MMCX, SMA, F, N, X, (Coaxial)
3. ST, SC, FC, LC ,SMA, MU, MTRJ, DIN (Fiber Optic)
AKSES INTERNET
1. RJ 11, RJ 45 (UTP & STP)
2. BNC, MMCX, SMA, F, N, X, (Coaxial)
3. ST, SC, FC, LC ,SMA, MU, MTRJ, DIN (Fiber Optic)
AKSES INTERNET
Jenis koneksi internet
1. Dial up
2. ADSL (Asymmetric Digital Subcriber Line)
3. Broadband
4. Mobile access (handphone)
5. Wi-Fi / hotspot
6. VSAT (Very Small Aperture Terminal)
1. Dial up
2. ADSL (Asymmetric Digital Subcriber Line)
3. Broadband
4. Mobile access (handphone)
5. Wi-Fi / hotspot
6. VSAT (Very Small Aperture Terminal)
Saluran telekomunikasi untuk akses internet :
Saluran Telepon
ISDN ( Integrated Service Digital Network )
HDSL ( High Date – Rate Digital Subscribe Lines )
SDSL ( Symetrical Digital Subscriber Line )
ADSL ( Asymetric Digital Subscriber Line )
VDSL ( Very High – Bit – Rate – Digital Subscriber
Line )
VSAT ( Very Small Aperture Terminal )
Radio Poket
TV Kabel
Kabel Listrik ( PLC / Power Line Communication )
Teknologi WAP ( Wireless Application Protocol )
GPRS ( General Packet Radio Service )
Wi-fi ( Wireless Fidelity )
Pertimbangan memilih ISP
1. Biaya langganan
2. Biaya pemasangan
3. Jarak ISP
4. Ruang atau space untuk membuat web
5. Perlindungan terhadap virus atau spam
6. Lamanya kontrak
7. Bantuan teknis
1. Biaya langganan
2. Biaya pemasangan
3. Jarak ISP
4. Ruang atau space untuk membuat web
5. Perlindungan terhadap virus atau spam
6. Lamanya kontrak
7. Bantuan teknis
AKSES INTERNET
Web browser : perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengakses dan menjelajah
E-MAIL
E-mail (electronic mail) : surat yang berbentuk elektronik yang memungkinkan pengguna internet untuk berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet
Web browser : perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengakses dan menjelajah
E-mail (electronic mail) : surat yang berbentuk elektronik yang memungkinkan pengguna internet untuk berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet
Jenis e-mail
1. POP Mail : e-mail yang hanya bisa diterima melalui ISP
2. E-mail forwarding : layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain
3. Web based E-mail : e-mail yang ditawarkan garis oleh website penyedia jasa layanan e-mail
1. POP Mail : e-mail yang hanya bisa diterima melalui ISP
2. E-mail forwarding : layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain
3. Web based E-mail : e-mail yang ditawarkan garis oleh website penyedia jasa layanan e-mail
Cara menulis dan mengirim e-mail
1. Login ke e-mail account
2. Klik tombol New (YahooMail)
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Setelah selasai klik tombol Send
1. Login ke e-mail account
2. Klik tombol New (YahooMail)
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Setelah selasai klik tombol Send
Membuka e-mail
1. Tampilkan halaman login YahooMail
2. Masukkan user ID dan password, klik Sign In
3. Tunggu beberapa saat sampai muncul homepage yahoo.com
4. Klik Inbox atau Check Mail
5. Klik subject e-mail untuk membaca
6. Klik Inbox untuk kembali ke daftar e-mail yang masuk
1. Tampilkan halaman login YahooMail
2. Masukkan user ID dan password, klik Sign In
3. Tunggu beberapa saat sampai muncul homepage yahoo.com
4. Klik Inbox atau Check Mail
5. Klik subject e-mail untuk membaca
6. Klik Inbox untuk kembali ke daftar e-mail yang masuk
Membalas e-mail
1. Cara sama dengan membuka e-mail
2. Setelah membaca, klik tombol Replay
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Setelah selasai klik tombol Send
1. Cara sama dengan membuka e-mail
2. Setelah membaca, klik tombol Replay
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Setelah selasai klik tombol Send
Mengirim file / melampirkan file melalui e-mail
1. Login ke e-mail account
2. Klik tombol New (YahooMail)
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Klik tombol Attach untuk menambahkan file, pilih file dengan browse letak file disimpan, klik Open
6. Tunggu beberapa saat sampai file berhasil di lampirkan
7. Setelah selasai klik tombol Send
1. Login ke e-mail account
2. Klik tombol New (YahooMail)
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Klik tombol Attach untuk menambahkan file, pilih file dengan browse letak file disimpan, klik Open
6. Tunggu beberapa saat sampai file berhasil di lampirkan
7. Setelah selasai klik tombol Send
Perangkat lunak untuk akses internet :
Aplikasi Web
Aplikasi E-Mail
Aplikasi Chatting
Aplikasi Teleconference
No comments:
Post a Comment